baju koko terkini

Apa nama baju yang biasanya tanpa kerah, ada sedikit aksesori berupa bordir, biasanya dipakai oleh kaum muslim untuk pergi ke masjid atau acara keagamaan? Jawaban kita semua pasti hampir seragam, yaitu Baju Koko. Baju koko biasa disebut juga Baju Muslim.
Namun, dari namanya, “Koko”, rasanya ada yang menarik dengan sejarah baju tersebut. Karena, notabene baju muslim yang ini berbeda dengan, misalnya baju orang-orang Arab yang berjubah panjang.

Perkembangan Baju Koko dan Baju Takwa

Kini, baju koko bukan hanya berwarna putih polos. Dan, baju takwa pun tidak selalu bermotif garis-garis vertikal warna cokelat seperti yang dikenakan Sunan Kalijaga. Rupanya Baju Koko dan Baju Takwa pun saling berkolaborasi, sehingga sudah semakin jarang yang benar-benar baju koko ataupun yang benar-benar baju takwa. Sudah banyak pilihan warna. Ada yang lengan panjang, ada pula yang lengan pendek. Motifnya pun beragam, mulai dari bordir hingga batik.
Kegunaan baju koko atau baju takwa ini yang paling utama memang masih untuk kegiatan yang berkaitan dengan ibadah. Namun, mulai sering pula digunakan di luar kegiatan keagamaan. Misalnya, untuk pergi ke pesta atau kegiatan sehari-hari lainnya.
Bahkan, di beberapa daerah, anak SMP dan SMA diwajibkan mengenakan baju koko setiap hari Jumat. Juga, di beberapa daerah seperti Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Kabupaten Maros Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Cianjur serta Kabupaten Indramayu Jawa Barat, baju koko menjadi seragam wajib bagi PNS setiap hari Jumat.
Penggunanya pun bukan dari muda hingga tua, bahkan tidak terbatas di kalangan muslim.
referensi:
http://www.anneahira.com/baju-koko.htm
Sumber :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar